Fasilitasi Penyelenggaraan Kegiatan Pengimbasan Peningkatan Literasi dan Numerasi serta Peningkatan Kapasitas Fasilitator Daerah untuk Penguatan Program Peningkatan Literasi Numerasi
BPMP Sumatera Utara melaksanakan kegiatan “Fasilitasi Penyelenggaraan Kegiatan Pengimbasan Peningkatan Literasi dan Numerasi serta Peningkatan Kapasitas Fasilitator Daerah untuk Penguatan Program Peningkatan Literasi Numerasi” pada tanggal 15 hingga 17 Juli 2024 di Aula Sisimangaraja. Dalam kegiatan ini, BPMP Sumatera Utara mengundang peserta dari Dinas Pendidikan di 34 kabupaten/kota/provinsi, yang terdiri dari Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Tim Perencanaan, Fasilitator Daerah, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru Penggerak, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi, dengan total 168 orang peserta.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPMP Sumatera Utara, yang diwakili oleh Kasubbag Umum, Bastian Derajat Pulungan, ST, M.Si. Dalam sambutannya, Bastian menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta yang menunjukkan komitmen dalam meningkatkan literasi dan numerasi di wilayah masing-masing. Bastian menekankan pentingnya literasi dan numerasi sebagai fondasi utama dalam pendidikan. Literasi tidak hanya berarti kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan memahami dan menggunakan informasi secara kritis serta melek teknologi.
Bastian juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam upaya meningkatkan literasi dan numerasi. Peran BPMP dan Dinas Pendidikan di provinsi, kabupaten, dan kota sangat krusial dalam mendampingi dan memfasilitasi satuan pendidikan. Diharapkan kegiatan ini akan menghasilkan rencana aksi yang konkret dan terukur untuk mendukung penguatan literasi dan numerasi di daerah masing-masing.
Dalam penutup sambutannya, Bastian mengajak semua peserta untuk berpartisipasi aktif dalam setiap sesi dan diskusi selama kegiatan ini. Dia berharap agar ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama kegiatan ini dapat diaplikasikan di daerah masing-masing untuk membawa perubahan positif bagi peningkatan literasi dan numerasi di Indonesia.
Selama kegiatan berlangsung, peserta diberikan berbagai materi dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi. Materi yang disampaikan mencakup pemahaman literasi yang lebih luas, . Peserta juga diajarkan cara menggunakan informasi secara kritis dan memahami pentingnya literasi dalam menghadapi tantangan abad ke-21.
Selain itu, peserta juga dilibatkan dalam diskusi dan sesi kelompok untuk membahas cara-cara konkret untuk meningkatkan literasi dan numerasi di daerah masing-masing. Diskusi ini bertujuan untuk menghasilkan rencana aksi yang konkret dan terukur yang dapat diimplementasikan di tingkat daerah. Diharapkan dengan adanya rencana aksi ini, literasi dan numerasi di daerah dapat meningkat secara signifikan. (ATR)